5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

Hallo sobat infotermia, ada beberapa jenis bakteri yang menjadi ancaman buat Kamu dan Bakteri ini bersarang di smartphone yang kamu genggam dan gunakan sehari-hari, berbagai jenis bakteri bisa memberi dampak negatif buat kesehatan kamu sebagai pengguna. Untuk itu, kamu perlu mengenali jenis-jenis bakteri yang bisa bersarang di smartphonemu beserta bahaya dan dampak yang ditimbulkan. Dengan begitu, Jaka harap kamu bisa melakukan tindak pencegahan dengan setidaknya menjaga kebersihan smartphone dan memperbaiki pola penggunaan yang terkesan sembarangan. Berikut lima bakterinya:

1. Streptococcus

Bakteri yang terakhir bernama Streptococcus. Bakteri yang satu ini gak kalah berbahaya dibanding empat bakteri di atas. Hebatnya lagi, bakteri ini dibagi dalam dua jenis yang tergolong sama berbahayanya, yaitu Streptococcus A dan Streptococcus B.

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

Bakteri ini sangat mungkin hidup dan bersarang di benda-benda yang kamu gunakan sehari-hari, termasuk smartphone. Kamu yang seringkali meletakkan smartphone secara sembarangan dan gak pernah dibersihkan, maka kemungkinan adanya Streptococcus di smartphone tersebut sangat besar. Dua jenis bakteri Streptococcus bisa menyebabkan infeksi di tenggorakan, kulit hingga saluran kemih.

 

2. Staphylococcus Aureus

Berbeda dengan koliform, bakteri kali ini terbilang sangat berbahaya buat manusia. Dikatakan berbahaya karena Staphylococcus Aureus adalah bakteri yang menghasilkan pigmen kuning, yang diyakini adalah unsur berbahaya dari bakteri tersebut.

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

Bakteri ini bersarang di tempat yang justru bersih. Menurut penelitian, bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit ini punya tingkat penyebaran yang cepat terutama pada benda-benda bersih (atau sekilas tampak bersih) yang jarang dirawat dan dibersihkan, salah satunya termasuk smartphone.

3. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)

Bakteri ini sebenarnya adalah jenis bakteri turunan dari bakteri nomor 2. Ya, Coagulase Negative Staphylococci atau yang lebih mudahnya disebut CoNS ini juga termasuk berbahaya bagi manusia. Kesamaan lainnya adalah bakteri ini juga mudah menyebar dan tinggal di tempat-tempat yang justru bersih.

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

Uniknya, smartphone termasuk salah satu tempat bersarang favorit CoNS lho! Bahkan ada penelitian yang menyebut satu dari sepuluh smartphone remaja ternyata memiliki bakteri CoNS. Gak sembarangan, bakteri ini berdampak buruk buat pengguna smartphone. Jika terkena, pengguna smartphone bisa mengalami infeksi saluran darah.

4. Koliform

Koliform sejatinya adalah sebuah mikroorganisme yang merupakan indikator penunjuk apakah suatu sumber air tekontaminasi atau tidak. Sayangnya, mikroorganisme ini bisa berubah jadi bakteri jika berada di tempat yang salah. Sebagai informasi, koliform seringkali ditemukan di kotoran manusia dan hewan. 

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

Faktanya, bakteri ini beberapa kali ditemukan ada pada perangkat smartphone. Meski kecil kemungkinan menimbulkan penyakit buat para penggunanya, tapi kamu pasti akan ngerasa jijik jika tahu bakteri yang biasa ada di kotoran ternyata juga ada di smartphone kamu bukan?

 

5. Escherichia Coli

Kamu pasti sudah sering banget mendengar nama bakteri yang satu ini. Ya, Escherichia Coli atau yang biasa disebut E coli ini adalah salah satu jenis utama spesies bakteri gram negatif. Artinya, bakteri yang satu ini memiliki dampak sangat berbahaya bagi tubuh.

5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu

E coli bisa bersarang di smartphone ketika kamu penggunanya jarang membersihkan perangkat tersebut. Jika sudah lama bersarang dan smartphone digunakan secara aktif oleh penggunanya, maka si pengguna bisa mengalami berbagai penyakit semisal diare dan muntaber.

Itulah 5 Jenis Bakteri Berbahaya yang Bersarang di Smartphone Kesayangan Kamu. Gak bisa dianggap sebelah mata, bukan? Kembali Jaka ingatkan supaya kamu lebih memperhatikan lagi kebersihan smartphone kamu ya. Jangan sampai, benda yang kamu andalkan sehari-hari malah jadi biang pembawa penyakit.


close