Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate

Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate

Hallo sobat infotermia, selamat buat kamu yang sudah selesai sidang skripsi dan dinyatakan lulus oleh dosen! Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu lulus kuliah. Pastinya kamu dan orang tua akan bangga atas perjuangan selama menyelesaikan pendidikan hingga ke bangku kuliah.

Namun, lulus kuliah bukanlah akhir dari perjuangan. Justru menjadi tahap awal kamu untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. Bekerja sesuai dengan bakat dan bidang yang dipelajari saat kuliah merupakan impian semua orang. Tapi, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang bekerja sangat bertolak belakang dengan impiannya.

Kita semua sepakat bahwa mencari pekerjaan tidaklah mudah apalagi bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Padahal, tidak sedikit perusahaan yang sangat memprioritaskan calon pegawai yang sudah memiliki pengalaman kerja. Tentunya, ini menjadi halangan bagi fresh graduate. Selain itu, banyak lulusan baru menjadi semakin ketatnya persaingan.

Dengan begitu, bukan berarti bagi kamu yang fresh graduate menyerah begitu saja dan tidak mendapatkan pekerjaan. Maka yang harus kamu lakukan adalah siapkan sejak awal dan sebaik mungkin segala sesuatu yang menyangkut dengan lamaran pekerjaan. Hal ini akan mempermudah kamu bisa diterima di perusahaan dengan bidang yang kamu inginkan.

Tidak ada salahnya kalau kita kreatif dalam membuat Curriculum Vitae, mulai dari desain hingga font style yang digunakan. Namun, perlu diingatkan bahwa perusahaan lebih mempertimbangkan isi CV yang bagus dan menarik dibanding dengan yang lainnya. Buatlah CV dengan tampilan yang professional.

Selain itu, kalau CV pada umumnya hanya menampilkan biodata diri, pendidikan, dan prestasi secara singkat, kini bahaslah pada poin tertentu dengan lebih detil. Tentunya hal tersebut akan membuat perusahaan tertarik dengan kamu. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan agar CV kamu berkualitas.

 

1. Biodata

Isi biodata kamu dengan benar. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap tempat tinggal, nomor telepon dan email, hingga status kewarganegaraan dan pribadi.

2. Pendidikan

Jangan hanya mencantumkan pendidikan formal dari SD hingga kuliah saja, tapi cantumkan juga pendidikan non-formal yang pernah kamu ikuti. Misal ekstrakulikuler, organisasi, seminar atau pelatihan lainnya.

3. Prestasi

Kebanyakan orang akan mengisi bagian ini dengan semua prestasi yang pernah diraih, seperti lomba mewarnai, menyanyi atau sebagainya. Sebaiknya cantumkan prestasi yang relevan atau yang berhubungan dengan bidang kamu pada saat kuliah. Tentunya hal itu akan menjadi nilai tambah kamu saat melamar pekerjaan.

4. Pengalaman

Walau belum memiliki pengalaman kerja, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa mencantumkan pengalaman saat magang. Berikan deskripsi singkat dalam bentuk paragraf yang menjelaskan peran kamu saat magang, seperti kegiatan apa saja yang dilakukan, atau tugas-tugas yang kamu kerjakan.

5. Keahlian

Isilah keahlian yang kamu miliki tentunya yang sangat menunjang bakat dan minat kamu. Misal, jika bakat kamu adalah fotografi maka keahlian yang utama adalah dapat mengoperasikan kamera, edit foto via software A, B dan C.

6. Lampiran

Siapkan beberapa dokumen penting yang sudah di foto kopi untuk menunjang kelengkapan CV, seperti KTP, ijazah, transkip nilai, sertifikat atau piagam penghargaan, hingga portofolio yang berhubungan antara bidang kamu dengan posisi yang dilamar. Misalnya, kalau kamu lulusan jurnalistik, maka portofolio yang bisa kamu lampirkan adalah sebuah artikel atau berita yang pernah ditulis. Selain itu, jangan lupa untuk lampirkan pas foto terbaru kamu dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Demikian tips tentang Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate,  semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.


close