Cara Konfigurasi Xampp untuk Membuat Koneksi dari PHP ke SQL Server

Cara Konfigurasi Xampp untuk Membuat Koneksi dari PHP ke SQL Server

Hallo sobat infotermia, pada kesempatan ini Kami ingin sedikit mengulas tentang bagaimana Cara Konfigurasi Xampp untuk Membuat Koneksi dari PHP ke SQL Server, ini memang persoalan sepele namun sangat sering dilupakan oleh banyak developer-developer PHP di Indonesia khususnya, karena dalam proses pembuatannya tidak hanya membuat script koneksi semata namun ada beberapa hal yang harus Anda konfigurasi dari sisi servernya dalam hal ini Xampp. Berikut ini kami ingin mengulas sedikit langkah-langkah bagaimana cara dan apa yang anda butuhkan untuk membuat koneksi dari PHP ke database SQL Server. Oke, langsung saja ya.

Yang harus kamu tau Xampp versi 1.8.3 atau diatasnya sangat menyulitkan untuk menghubungkan koneksi dari php ke sqlserver, apalagi dalam beberapa forum menerangkan bahwa syntax mssql_connect sudah tidak digunakan dan diganti dengan sqlsrv_connect. Dalam tutorial ini saya menggunakan Xampp versi 1.7.7 yang bisa anda download disini DOWNLOAD. Proses instalasi dilakukan seperti biasa, tidak ada setting khusus. Bagi yang belum pernah mencoba Xampp tinggal klik tombol Next saja sampai proses instalasi selesai. Setelah Proses instalasi selesai, kemudian kita akan melakukan setting manual supaya koneksi PHP ke SQLServer bisa berjalan mulus, karena pada instalasi bawaan Xampp sendiri tidak menyediakannya. Berikut Library yang akan anda butuhkan, download 3 file .dll di bawah ini :

 

  1.   ntwdblib.dll
  2.   php_mssql.dll
  3.   php_pdo_mssql.dll

Langkah 1 :

Copy file ntwdblib.dll ke folder xamppapachebin dan C:WindowsSystem32

Langkah 2 :

Copy file php_mssql.dll dan php_pdo_mssql.dll ke folder xamppphpext

Langkah 3 :

Restart Apache anda, kemudian uji coba dengan menggunakan script koneksi sederhana.

Itulah sedikit ulasan dari kami tentang Cara Konfigurasi Xampp untuk Membuat Koneksi dari PHP ke SQL Server, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca. Tinggalkan komentar Anda bila kalian masih gagal dalam mencobanya, Kami selalu siap membantu Anda.


close