Cerita Dongeng Si Kancil Dan Tikus

Cerita Dongeng Si Kancil Dan Tikus

Hallo sobat infotermia, untuk adik-adik yang belum tau tentang Cerita Dongeng Si Kancil Dan Tikusberikut ini Kami sajikan untuk Kalian, silahkan dibaca dan dinikmati.

Pada suatu malam, Kancil sama sekali tidak dapat tidur. Ia merasa sangat kepanasan dan kehausan membuatnya tidak dapat tidur. Kancil pun memutuskan untuk pergi keluar rumah dan langsung menuju danau yang dekat dengan rumahnya. Namun, tiba-tiba ia mendengar suara teriakan yang sedang meminta tolong. Ia pun langsung mencari sumber suara tersebut. Pada saat ia mendekati pohon pinus, suara tersebut semakin jelas. Kancil pun melihat seekor Tikus yang sedang kesakitan. Kakinya terjerat oleh jebakan sang Pemburu.

‘’Kancil, tolonglah aku! Kakiku tidak dapat lepas dari jebakan ini.’’ Ujar Tikus menangis.

Tanpa berpikir panjang, Kancil pun langsung menolongnya. Dalam beberapa menit, ia dapat melepaska jebakan dari kaki Tikus.

‘’Terimakasih banyak Cil, kau sangat baik.’’ Ujar Tikus senang.

‘’Sama-sama, lain kali kau harus lebih berhati-hati.’’ Jawab Kancil.

Suatu hari, Kancil sedang asik memakan dedaunan, ia tidak menyadari bahwa sang Pemburu datang kembali ke hutan. Pemburu pun melihat Kancil dengan sangat jelas. Ia pun langsung mengarahkan seapannya, tepat pada tubuh Kancil. Sementara, Kancil sama sekali tidak menyadari bahaya tersebut.

 

Namun, Kancil sangat beruntung. Karena, pada saat itu. Tikus yang telah diselamatkannya, melihat niat jahat sang Pemburu. Tanpa berpikir panjang lagi, Tikus langsung mengigit kaki sang Pemburu dengan sangat kuat.

‘’Argggh!!’’ teriak Pemburu kesakitan.

Akhirnya, tembakan Pemburu pun meleset. Sementara, Kancil sangat kaget mendengar teriakan Pemburu dan bunyi senapan tersebut. Kancil pun sadar, bahwa dirinya hampir saja tertembak oleh Pemburu. Namun, ia diselamatkan oleh Tikus.

‘’Aku sangat berterimakasih kepadamu Tikus.’’ Ujar Kancil.

‘’Sama-sama Cil, kita harus secepatnya pergi dari sini.’’ Jawab Tikus.

Tikus dan Kancil pun langsung berlari dengan cepat untuk menyelamatkan diri dari pemburu. Sementara, sang Pemburu pun kehilangan jejak Kancil dan Tikus. Tikus sangat senang, karena ia dapat membalas kebaikan Kancil.

Pesan Moral : Kisah Si Kancil dan Tikus adalah bentuk tindakan saling bantu-membantu antar sesama teman. Orang yang sering membantu akan disukai oleh orang lain. Menjadi orang yang sering membantu akan membuat kita sukses dan bahagia di masa yang akan datang.


close