Framework Untuk Membuat Web Dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Framework Untuk Membuat Web Dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Hallo sobat infotermia, semakin banyaknya orang yang menggunakan smartphone saat ini membuat kebutuhan akan berbagai aplikasi mobile semakin meningkat. Oleh sebab itu, pengembang web harus mulai belajar cara membuat aplikasi mobile yang bisa cross platform agar bisa mengakomodasi semua pengguna perangkat mobile.

Tantangan yang dihadapi oleh banyak pengembang biasanya adalah tidak mudahnya merancang sebuah aplikasi tunggal yang dapat dijalankan pada semua platform tanpa mengubah apapun pada aplikasi tersebut. Untuk Anda yang belum mengetahui framework tersebut, berikut ini beberapa framework yang bisa digunakan untuk membuat web aplikasi mobile baik untuk keperluan Anda pribadi maupun untuk proyek yang sedang Anda kerjakan.

1. Ionic

Ionic merupakan salah satu kerangka mobile web app yang terpopuler saat ini, banyak sekali digunakan oleh developer, dan tentunya bisa menjadi pilihan terbaik juga untuk Anda yang baru ingin terjun di dunia mobile web app. Framework ini menggabungkan CSS dan Angular JS. Selain ini kekuatan yang dimiliki framework ini adalah terdapat berbagai komponen yang sudah tersedia yang akan sangat memudahkan para pengembang.

2. jQuery Mobile

Jquery mobile ini dianggap yang terbaik dari semua kerangka aplikasi mobile web, terutama karena ini membantu developer untuk membuat aplikasi web yang dapat berjalan sama baiknya pada semua browser mobile. Framework ini sangat ringan dan dia sangat tergantung pada jquery. Keuntungan lain adalah jquery mobile relatif cukup mudah untuk dipelajari. Keuntungan lainnya sudah mengenali sentuhan dan sudah support Cordova.

 

3. React Native

Reach Native merupakan framework yang sangat mumpuni yang bisa digunakan dalam menciptakan aplikasi native yang tepat. Namun, pengembangan aplikasi akan diselesaikan dengan menggunakan Reach dan Javascript. Kompleksitas dari framework ini menjadikannya lebih cocok untuk para pengembang yang sudah berpengalaman, sebagai pemula mungkin akan merasa kesulitan karena cukup membingungkan. Namun framework ini memiliki komunitas yang sangat aktif yang bisa membantu memberikan dukungan apapun yang Anda butuhkan.

4. Famous

Famous bisa dibilang sangat berbeda dari framework web aplikasi lainnya karena ini pendekatannya lebih ke pengembangan web dan mobile. Menggunakan WebGL dan DOM, dan semuanya ditampilkan dalam canvas, sehingga terlihat mirip dengan banyak HTML game engine. Namun, tidak sayangnya ini tidak lagi dikembangkan secara aktif, sehingga membuat pengguna menjadi lebih sulit ketika ingin mencari referensi.

5. Onsen UI

Onsen UI merupakan framework mobile web aplikasi open source yang cukup bagus dimana memberikan pengembang otonomi untuk mengembangkan aplikasi dengan menggabungkan komponen asli yang terlihat berbeda. Framework ini sangat mudah untuk digunakan, serta hadir dengan dokumentasi yang sangat baik, lengkap dengan contoh yang bisa menjadi referensi.

6. Kendo UI

Kendo UI salah satu framework kelas atas untuk pengembangan aplikasi mobile web, yang mengkombinasikan HTML5, Javascript dan CSS. Framework ini sangat kental dengan jQuery dan hadir dengan lebih dari 70 widget jQuery yang siap untuk digunakan. Web developer juga bisa menggabungkannya dengan Angular JS.

7. Native Script

Native Script salah satu framework terbaik yang bisa digunakan karena memungkinkan pengembang untuk menuliskan program hanya dengan javascript, kemudian kode bisa diubah sehingg nantinya bisa digunakan baik di Windows, Android dan iOS. Asiknya lagi, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli koding untuk dapat mengguankan framework ini, dokumentasinya juga dapat membantu para pengembang untuk memperlajari framework ini dengan baik.

8. Sencha Touch

Sencha Touch sudah sangat terkenal sebagai framework yang dapat diandalkan untuk membangun mobile web aplikasi yang multi-platform. Framework ini menggunakan HTML5 dan Javascript, sehingga tidak salah jika ini menjadi framework yang sangat banyak penggunanya, terutama pada industri komersial dimana itu merupakan standar dalam perusahaan.

9. Framework 7

Framework 7 bisa dibilang cukup unik dibandingkan dengan yang lainnya karena mungkin dia satu-satunya yang tidak memiliki dependensi eksternal seperti Reach dan Angular. Namun, itu tetap akan membuat aplikasi yang Anda buat terlihat mewah. Jika Anda sudah familiar dengan CSS, Javascript dan HTML, Anda tidak akan kesulitan untuk membangun aplikasi yang mempuni dengan Framework 7.

10. Intel XDK

Intel XDK merupakan framework baru yang sedikit berbeda dari yang lainnya. Muncul dengan berbagai alat yang bisa membantu dalam pengembangan, amulasi dan pengujian aplikasi mobile Anda. Framework ini memiliki alat yang menakjubkan yang dapat membantu dalam debugging dan mempublikasikan aplikasi HTML5 yang cross-platform. Dengan framework ini Anda dapat membangun aplikasi untuk ponsel Windows, iOS, Tizen, Android dan Firefox OS. Framework ini juga bagus untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi web untuk Amozon, Facebook dan Google Chrome.

Demikian pembahasan tentang Framework Untuk Membuat Web Dalam Bentuk Aplikasi Mobile, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.


close