Hati-Hati Kurang Bayar SPT Pajak Karena Pindah Kerja

Hati-Hati Kurang Bayar SPT Pajak Karena Pindah Kerja

Hallo sobat infotermia, pada bulan Maret setiap tahunnya adalah bulan yang sangat sibuk untuk pelaporan pajak. Hal ini bukan masalah bagi kamu pegawai kantoran yang dalam setahun bekerja di tempat yang sama, pasti pajak kamu NIHIL (dengan catatan: tidak ada pemasukan lain di luar pekerjaan utama kamu). Namun, bagi kamu yang bekerja di perusahaan yang berbeda dalam jangka waktu setahun, dipastikan kamu akan mengalami Kurang Bayar pajak apabila kamu memiliki dua atau lebih SPT yang berbeda dari perusahaan yang berbeda.

Hal ini pasti membingungkan, kenapa kita mengalami Kurang Bayar padahal setiap bulannya kita sudah dipotong Pajak Penghasilan. Hal ini disebabkan apabila kamu memiliki dua SPT yang berbeda, kamu akan dikenakan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebanyak dua kali. Oleh karena itu, untuk menghindari Kurang Bayar, di bawah adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika pindah kerja:

 

  1. Kamu harus inisiatif untuk meminta SPT kamu setelah mengundurkan diri dari kantor lama. Kemudian, berikan SPT lama kamu ke bagian payroll kantor baru. Jangan tunggu pelaporan SPT bulan Maret, karena itu sudah terlambat. 
  2. Sebelum deal dengan perusahaan baru, kamu wajib untuk memastikan bahwa mereka akan menyatukan SPT lama kamu dari perusahaan lama dengan SPT yang akan kamu terima di perusahaan baru. Artinya, perusahaan baru akan menanggung Kurang Bayar yang akan kamu terima. Penyatuan SPT lama dengan SPT yang baru adalah hal yang sangat mungkin. Nantinya total pendapatan neto kamu dari perusahaan sebelumnya akan tertera di kolom SPT nomor 13: Penghasilan Neto Masa Pajak Sebelumnya.
  3. Apabila, perusahaan baru kamu tidak mau mengurus penggabungan SPT kamu, ya silahkan dipertimbangkan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Sedikit catatan, Kurang Bayar itu bersifat progresif yang artinya, semakin besar gaji kamu, maka akan semakin besar Kurang Bayar yang akan kamu terima.
  4. Cara lain yaitu, ketika kamu memutuskan untuk pindah kerja, lakukan di bulan Desember. Sehingga, pendapatan kamu hanya dipotong oleh satu pemberi kerja. Dan ketika bulan Januari, kamu akan mendapat SPT baru dari perusahaaan yang baru.
  5. Atau, kalau kamu masih tetap menerima perusahaan tersebut walaupun mereka tidak mau menanggung pajak kamu, silahkan mulai menabung dari sekarang. Sedikit bocoran, apabila total penghasilan neto kamu di atas 60 juta dalam setahun, kamu akan membayar pajak Kurang Bayar di atas satu juta rupiah (untuk jumlahnya bisa lebih besar, tergantung total penghasilan Neto dalam setahun).

 

Namun, Kami sarankan kamu melaporkan SPT tahunan dengan jujur. Apabila Kurang Bayar, Kami sarankan untuk membayar. Bagi kamu yang tidak melaporkan pajak dengan benar, kamu akan dikenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2% (dua persen) per bulan atas jumlah pajak yang kurang dibayar, dihitung sejak saat penyampaian SPT berakhir sampai dengan tanggal pembayaran, dan bagian dari bulan dihitung penuh 1 (satu) bulan jika Wajib Pajak membetulkan sendiri SPT Tahunan yang mengakibatkan utang pajak menjadi lebih besar.

Itulah sedikit pembahasan dari Kami tentang himbauan Hati-Hati Kurang Bayar SPT Pajak Karena Pindah Kerja, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membaca.


close