Ini Dia Keunggulan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta

Ini Dia Keunggulan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta

Hallo sobat infotermia, Untuk menjamin kesehatan warga di dunia, beberapa perusahaan telah mendirikan yang namanya perusahaan asuransi. Asuransi kesehatan ditawarkan hampir di semua negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Pelayanannya juga dapat dibilang sedikit mirip, karena memang perusahaan asuransi ini berasal dari luar negeri. Semakin rendah angka kematian di suatu negara menandakan semakin tinggi pula kesejahteraan negara tersebut. Inilah yang ingin dicapai oleh pemerintah, dimana jaminan kesehatan menjadi sesuatu yang mutlak yang harus diberikan kepada masyarakat.

Anda pastinya sudah tau jaminan kesehatan yang satu ini dikelola oleh pemerintah. BPJS dinilai sebagai wadah jaminan kesehatan yang terbilang cukup terjangkau di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan BPJS ini menerima keanggotaan dalam segala keadaan ekonomi, baik miskin maupun kaya. Sedangkan asuransi kesehatan merupakan jaminan kesehatan yang dikelola oleh pihak swasta. Jumlah premi yang dibayarkan di asuransi kesehatan jelas lebih besar dibandingkan BPJS. Hal inilah yang menyebabkan asuransi kesehatan hanya beranggotakan orang-orang yang mampu membayar saja. Mari kita simak berikut ini ulasan tentang keunggulannya :

 

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

1. Murah

Boleh dikatakan kalau premi per bulan untuk BPJS Kesehatan sangatlah murah, yaitu berkisar Rp 59.000 – Rp 325.000. Jumlah ini sudah termasuk biaya rawat inap di rumah sakit, biaya obat, biaya dokter, bahkan nasabah diperbolehkan untuk cek gula dan darah gratis. Biaya yang terbilang cukup murah ini sangat cocok bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia.

2. Tidak Ribet

Boleh dikatakan dokumen yang harus diurus di BPJS Kesehatan tidak serumit yang harus diurus di asuransi kesehatan. Pelayanan dan penanganan penyakit juga terbukti sangat cepat. Hanya saja BPJS Kesehatan tidak tersedia di rumah sakit dengan fasilitas memadai. Artinya, BPJS Kesehatan hanya dapat digunakan di rumah sakit milik pemerintah saja.

3. Semua Jenis Penyakit Diterima

Berbeda dengan asuransi kesehatan yang hanya memberi pertanggungan pada beberapa jenis penyakit, BPJS Kesehatan memberikan pertanggungan pada semua jenis penyakit. Baik penyakit ringan maupun penyakit kronis. Kemungkinan untuk ditolak di rumah sakit sangatlah kecil saat Anda menggunakan BPJS Kesehatan.

4. Berlaku Seumur Hidup

BPJS Kesehatan memberikan jaminan hingga seseorang maksimal berumur 100 tahun. Jangka waktu ini terbilang cukup lama jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan.

 

ASURANSI KESEHATAN SWASTA

Asuransi Swasta

1. Fasilitas Memadai

Perusahaan asuransi kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit swasta dengan fasilitas yang memadai, seperti ruangan kamar yang bagus. Selain itu, makanan dan kelengkapannya juga jauh lebih unggul dibandingkan rumah sakit milik pemerintah. 

2. Lebih Fleksibel

Klaim yang akan diajukan di perusahaan asuransi kesehatan berlaku secara fleksibel, baik di rumah sakit dalam negeri maupun luar negeri. Selama perusahaan asuransi bekerja sama dengan rumah sakit yang bersangkutan, Anda dapat melakukan check up dan menjalani perawatan medis dengan layanan terbaik.

 

3. Lebih Santai

Mengurus dokumen dan surat-surat untuk mengajukan klaim di perusahaan asuransi memang sedikit rumit. Namun, dokumen yang sudah lengkap nantinya akan diurus oleh pihak asuransi. Anda hanya perlu menghubungi perusahaan asuransi, lalu perusahaan akan meneruskan dokumen tersebut ke pihak rumah sakit agar nasabah mendapatkan penanganan cepat.

4. Memberikan Dua Manfaat Sekaligus

Manfaat yang dimaksudkan adalah rawat inap dan rawat jalan. Perusahaan asuransi kesehatan memperbolehkan nasabahnya untuk memilih tipe perawatan. Biaya-biaya yang berhubungan dengan rawat inap dan rawat jalan juga akan ditanggung oleh pihak asuransi.

5. Manfaat Uang Tunai

Selain menanggung biaya perawatan rumah sakit, perusahaan asuransi juga akan memberikan tanggungan uang tunai dengan maksud penggantian biaya transportasi dan makan. Jumlahnya terhitung sesuai dengan berapa lama nasabah dirawat di rumah sakit.

Masing-masing produk jaminan kesehatan ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Sebagai nasabah, Anda harus dapat memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda juga. Jangan sampai produk jaminan kesehatan terlalu mengambil bagian terlalu besar di dalam keuangan, sehingga mendorong kebutuhan penting lainnya.

Itulah sedikit ulasan dari Kami tentang Keunggulan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta, semoga bermanfaat untuk Kalian yang membaca.


close