Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Mau Gigi Tetap Sehat

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Mau Gigi Tetap Sehat

Hallo sobat infotermia, menjaga kebersihan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki sangat penting sekali, juga termasuk kebersihan gigi dan mulut. pada kesempatan ini Kami ingin memberikan Tips kepada Kalian tentang 6 hal yang perlu di hindari agar Gigi kita selalu sehat dan terjaga. Menggosok gigi secara rutin dua kali sehari bisa membantu melindungi kesehatannya. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan buruk bisa menimbulkan masalah pada kesehatan gigimu?

Berikut hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan demi kesehatan gigi :

1. Minum minuman berwarna

Minuman berwarna memang terasa segar apalagi dalam keadaan dingin. Namun menurut dokter gigi pendiri DentalWorks, Asia Richardson mengatakan bahwa minuman berwarna memiliki pigmen yang tinggi dan berpengaruh pada pewarnaan gigi bahkan menyebabkan erosi email. "Saya sarankan menggunakan sedotan untuk makanan berpigmen tinggi seperti kopi dan jus," katanya.

2. Melewatkan sikat gigi pada malam hari

Saat melewati hari yang lelah dan pulang pada malam hari, pasti yang kamu tuju adalah tempat tidur. Kamu melewatkan hal penting, yaitu menggosok gigi sebelum pergi tidur yang akan menyebabkan masalah pada kesehatan gigimu. "Jika kamu terbiasa tidur tanpa menyikat gigi, maka akan berisiko terjadi erosi enamel, gigi berlubang, penyakit gusi, dan penumpukan plak. Sikat gigi dua menit sebelum tidur dapat mencegah hal ini terjadi," kata dokter gigi dari DentalCorp, Gary Glassman.

3. Tidak mengganti sikat gigi

Setia boleh saja, namun jangan dengan sikat gigi ya! Beberapa orang bilang sikat gigi diganti setiap enam bulan sekali, cukupkah?. Menurut drg Glassman, kita harus mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, atau bahkan jika belum enam bulan gigi terasa sakit maka gantilah sikat giginya. Menjaga kebersihan sikat gigi pun sama pentingnya. drg Glassman menganjurkan untuk merendam sikat gigi ke dalam cairan pembersih mulut selama 20 menit.

 

4. Tidak periksa ke dokter gigi

Siapa yang jarang atau tidak pernah sama sekali memeriksakan gigi ke dokter gigi? Jangan sampai melewatkan hal penting ini ya demi kesehatan gigimu. "Jangan melewatkan pemeriksaan ke dokter gigi. Ini semua tentang pencegahan, pencegahan, pencegahan," ujar drg Glassman.
Pemeriksaan kesehatan gigi lebih dini bisa mencegah banyak penyakit mulut, seperti pembusukan, kanker, atau penyakit periodontal.

5. Menggosok gigi setelah minum kopi

Kopi mungkin bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Agar tidak terjadi hal demikian, pecinta kopi menyiasatinya dengan menggosok gigi setelah minum kopi. Namun menurut ahli ortodontis dari New York mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. "Minuman tersebut sangat asam sehingga jika segera menyikat gigi maka akan menyebabkan kerusakan lebih pada email karena asam. Seperti yang mereka katakan, kesabaran adalah kebaikan. Sebenarnya lebih baik menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat agar pH (tingkat keasaman) di dalam mulut menjadi netral secara alami," ujarnya.

6. Minum minuman berenergi

Biasanya atlet atau binaraga mengandalkan minuman berenergi setelah berolahraga. Namun minuman itu ternyata tidak cukup sehat karena terlalu manis dengan kandungan gula cukup tinggi. "Itu dipenuhi dengan gula, dan karena banyak orang tidak membatasi diri pada minuman berenergi seperti itu atau soda, asupan gula mereka meningkat dan menyebabkan gigi berlubang," kata Katie Polley, DMD dari Summerville Pediatric Dentistry & Orthodontics.

Itulah Tips dari Kami, semoga bermanfaat ya.


close