Mengenal Google AdMob Untuk Monetisasi Aplikasi Mobile Terbaik Kamu

Mengenal Google AdMob Untuk Monetisasi Aplikasi Mobile Terbaik Kamu

Hallo sobat infotermia, pada kesempatan ini Kami akan membahas tentang Google AdMob salah satu produk google untuk monetisasi sebuah Aplikasi Mobile. Pastinya dari kalangan Mobile Developer sudah tidak asing lagi bila mendengar Google AdMob ini. Oke, langsung saja ya.

Menurut sumber dari Wikipedia Indonesia AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob merupakan salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan Aplikasi Handset. Bagi yang belum mengerti mengenai Admob, mari kita pelajari sejenak melalui artikel singkat ini. Admob adalah Adsense Portable Pay-per-click yaitu sebuah layanan iklan secara cell phone yang dulu di kelola oleh Omar Hamoui tetapi kemudian di akuisisi Search engines dengan nilai yang fantastis money 750 Juta.

Seiring makin berkembangnya Pengguna Google Android saat ini dimana semakin murah serta terjangkaunya Smartphone Google Android dunia serta di Indonesia khususnya, maka para pengembang Aplikasi berlomba-lomba membuat bermacam-macam aplikasi, ada yang menjualnya secara berbayar maupun gratis, dan kemudian menanamkan Admob di dalamnya untuk di monetisasi.

 

Pernahkah anda menghitung berapa banyak Aplikasi Google android yang di unduh pengguna smartphone Google Android dalam sehari Search engines Playstore? kalau secara global mungkin bisa ratusan ribu bahkan lebih. Jika melihat pengguna internet  memakai smartphone semakin hari semakin meningkat, peluang mendapatkan passive income dari Admob bukan hal yang mustahil. Hal ini bisa dilihat pertumbuhan pengguna smartphone semakin tinggi. Kinerja admob juga berbeda dengan Google Adsense, jika Google Adsense berbasis konten blog, Admob berbasis konten Aplikasi Mobile. Tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari Admob . Dan yang pasti Anda harus menyediakan aplikasi-aplikasi Android, IOS maupun lainnya.

Bagi yang serius ingin mendalami tentang Admob, tidak banyak yang perlu di persiapkan. Beberapa diantaranya seperti menyiapkan aplikasi Android, mendaftar akun Admob dan mendaftar developer di Google Play Store. Permasalahan yang sering dihadapi para pengembang aplikasi android adalah saat mendaftar developer. Nanti saya menulis artikel terpisah terkait hal ini.

Mendaftar Admob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google Adsense. Anda hanya menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google Admob. Apabila Anda sudah mempunyai akun Google Adsense yang sudah full approve, bisa langsung mendaftar Google Admob dan nantinya anda tidak perlu lagi untuk memverifikasi PIN saat ambang 10 dollar pertama. Jika Anda sudah siap, segera daftarkan email di Admob untuk mendapatkan akun aktif. Pendaftarannya sangat mudah, silahkan membuka situs resmi di https://www.google.co.id/admob.

AdMob : Mobile Adsense Terbaik Google

Belajar Admob tidak sulit belajar Google Adsense. Admob tidak mengenal SEO, link building, atau lainnya. Hanya perlu melakukan strategi promosi agar aplikasi Android banyak yang mendownloadnya, namun di sisi lain tidak semuanya menjadi mudah jika Anda baru pertama kali belajar hal baru.

Secara umum persiapannya seperti berikut ini (Contoh Kasus untuk Platform Android) :

  1. Buat Akun Gmail
  2. Daftarkan email ke Admob
  3. Buat Aplikasi, tentukan jenis aplikasi apa yang akan dibuat baik berbentuk Ebook, Game dan Lain-lain.
  4. Monetisasi Iklan Admob ke dalam Aplikasi
  5. Daftarkan email ke Google Play Store, ini membutuhkan biaya sebesar $25
  6. Publish aplikasi di Google Play Store
  7. Promosikan Aplikasi

Demikian ulasan tentang Mengenal Google AdMob Untuk Monetisasi Aplikasi Mobile Terbaik Kamu,  semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.


close