Mengetahui Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob

Mengetahui Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob

Hallo sobat infotermia, pada kesempatan ini Kami akan membahas tentang Mengetahui Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob. Pembahasan ini selalu menjadi pertanyaan besar bagi para orang-orang yang baru terjun ke dunia periklanan dan digital marketing. Oke, langsung saja ya.

Bagi kamu yang baru meluncur ke dunia digital marketing atau dunia blogging, pasti sering mendengar istilah adwords, adsense, maupun admob. Untuk pemula jelas ini sedikit membingungkan karena ketiga-tiganya membahas tentang periklan. Kalau semua bahas iklan, jadi bedanya dimana? Nah, meskipun sama-sama untuk periklanan, ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pemaparan untuk perbedaan google adwords, adsenese, dan admob.

Google Adwords

Singkatnya google adwords ini merupakan platform buat pengiklan. Dengan adwords, kamu bisa mengiklankan bisnis kamu di semua produk google yang mendukung iklan adwords serta situs-situs mitranya google. Jika melakukan searcing di google dan kamu melihat hasil pencarian yang ada label ‘ad’ atau ‘iklan’ berwarna kuning, itu merupakan iklan dari google adwords. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan adwords, salah satunya ialah produk kamu bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikiran SEO. Meskipun SEO masih memiliki hubungan dengan adwords, namun keduanya berbeda. Kamu bisa baca artikel perbedaan SEO dan SEM untuk lebih paham.

 

Google Adsense

Jika adwords untuk pengiklan, maka adsense merupakan platform buat situs-situs yang menjadi mitra Google. Nantinya iklan-iklan yang di buat di adwords juga akan ditampilkan pada situs-situs yang telah di pasang script adsense. Pengiklan akan membayar setiap kilk yang berasal dari situsmu. Untuk lebih jelas kamu bisa perhatikan iklan-iklan yang ada pada situs-situs yang besar. Jika kamu melihat tulisan “iklan by google” pada iklan tersebut, berarti itu iklan dari google adsense.

Google Admob

Admob kurang lebih sama seperti adsense, namun bedanya admob berjalan di platform mobile. Pernah nggak ketika kamu sedang menggunakan aplikasi di android tiba-tiba muncul iklan? Nah itu adalah iklan dari admob.

Sudah paham belum? Intinya adwords itu kita yang membayar sedangkan adsense dan admob kita yang di bayar. Jadi enak makai adsense dong? Ya tidak bisa disamain. Masing-masing punya fungsi yang berbeda dan setiap orang yang memakainya juga memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Demikian pembahasan tentang Mengetahui Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.


close