Search Engine Marketing

Search Engine Marketing

Hallo sobat infotermia, pada kesempatan ini Kami akan membahas tentang Search Engine Marketing. Hal ini tak kalah pentingnya dari Search Engine Optimization yang sebelumnya sudah di jelaskan. Oke, langsung saja ya.

Pengertian SEM

SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik pemasaran produk (website bisnis anda) dengan membayar periklanan yang menyediakan jasa tersebut. Iklan yang tampil dapat berupa gambar, animasi, video, dan tulisan. Salah satunya yang merupakan SEM adalah Google Adwords, yang menampilkan iklan anda di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci tertentu. Untuk Google Adwords penempatannya akan terdapat di atas hasil pencarian atau dibilah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian.

Adapun SEM lainnya seperti Facebook Ads, Yahoo Search Marketing, Bing, Ask, Baidu, Yandex, dan lainnya. SEM sendiri melibatkan berbagai hal seperti SEO, analisa kata kunci, harga pembayaran iklan, dampak dari kata kunci perbulan, dan efek lainnya yang akan membantu meningkatkan pemasaran produk anda. Anda dapat membaca secara lengkap dari referensi website ini. Berikut ini contoh gambar tampilan iklan yang tayang pada Search Engine Google.

Sistem Kerja

Sistem pembayaran yang diterapkan dalam SEM umumnya adalah PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression. Untuk PPC adalah sistem pembayaran iklan dengan perhitungan berdasarkan banyaknya Click yang dapat dilakukan oleh custumer yang click ke iklan tersebut. Pay Per Impression sistem periklanannya lebih kepada berapa kali penayangan iklan tersebut.

 

Fungsi SEM

SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan pastinya akan meningkatkan popularitas, serta kata kunci yang akan ditargetkan. Dengan menggunakan SEM dapat dengan langsung menargetkan area pemasaran sesuai dengan target customer yang sesuai dengan produk kita. Jadi selain menjalankan SEO anda juga dapat memanfaatkan SEM, walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Singkatnya SEM adalah istilah yang lebih luas atau diatasnya SEO, dimana tujuan SEO untuk meningkatkan ranking dan pengunjung organik, namun SEM lebih ke penargetan pengguna Search Engine melalui iklan yang dibayar berupa link yang menuju ke website bisnis kita. Seperti contoh kita yang mempunyai produk "Alat Pemadam Api" dan ingin mendapatkan pengunjung dari orang yang mengakses kata kunci tersebut melalui search engine, maka kita bisa mendaftarkan website kita ke Google Adwords.

Setelah melalui berbagai ketentuan dan sampai pada tahap akhir, maka iklan kita akan diterima dan ditayang di pencarian yang relevan dengan kata kunci yang kita maksudkan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SEM (Search Engine Marketing). Selanjutnya saya akan membagi banyak tips mengenai teknik lainnya seperti SMM bagi anda. Mau tau apa itu SMM dan kegunaan serta manfaatnya bagi website dan bisnis online anda? cek artikel penjelasan mengenai SMM sekarang juga di artikel dibawah ini.

Apa itu Social Media Marketing ?

Demikian pembahasan tentang Search Engine Marketing, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.


close