Tari Ketuk Tilu, Tarian Tradisional Nusantara dari Provinsi Jawa Barat

Tari Ketuk Tilu, Tarian Tradisional Nusantara dari Provinsi Jawa Barat

Hallo sobat infotermia, pada kesempatan ini Kami akan mengulas tentang Tarian Tradisional Ketuk Tilu, Tari Ketuk Tilu adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini merupakan tarian hiburan atau tarian pergaulan. Tari Ketuk Tilu ini sering ditampilkan pada acara seperti acara pesta perkawinan, hiburan penutup acara dan pada acara lainnya. Tari Ketuk Tilu ini juga merupakan cikal bakal dari Tari Jaipong yang sangat terkenal di Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Tari Ketuk Tilu

Menurut sejarahnya, Tari Ketuk Tilu ini dahulunya merupakan tarian diupacara adat dalam menyambut panen padi sebagai ungkapan dari rasa syukur kepada Dewi Sridewi, yaitu dewi padi dalam kepercayaan masyarakat Sunda. Pada zaman dahulu, upacara ini dilakukan pada waktu malam hari, dengan mengarak seorang gadis ke tempat yang luas diiringi bunyi-bunyian. Namun dengan seiring perkembangan zaman, tarian ketuk tilu ini menjadi tarian pergaulan dan juga hiburan bagi masyarakat. Nama ketuk tilu ini sendiri diambil dari alat musik pengiring yang biasa disebut dengan bonang yang mengeluarkan 3 suara diantaranya ialah irama rebab, kendang indung dan juga kulanter.

 

Pertunjukan Tari Ketuk Tilu

Gerakan yang di lakukan dalam Tari Ketuk Tilu ini adalah gerakan seperti goyang, pencak, muncid, gitek dan juga geol. Dalam tarian ini, gerakan tersebut memiliki nama sendiri seperti depok, oray orayan, lengkah opat, bajing luncat, ban karet dan lain-lain. pada pertunjukannya, biasanya diawali dengan alunan musik dan lagu pengiring dalam mengumpulkan para penonton. Kemudian para penari akan memasuki panggung dengan gerak jajangkungan dan kemudian dilanjutkan dengan gerak wawayangan yaitu pada saat penari sambil menari dan juga menyanyi. Setelah itu penari primadona akan muncul dan menari, dan dilanjutkan dengan ngibing tunggal atau ibing jago dengan iringan 3 (tiga) lagu diantaranya Cikeruhan, Cijagran, dan juga mamang. Kemudian para penari akan mengajak para penonton dalam menari berpasangan.

Tarian Tradisional Ketuk Tilu Dari Provinsi Jawa Barat

Dalam pertunjukan tarian ini lagu wajib yang harus dibawakan adalah kidung dan erang. Kemudian lagu lain yang dibawakan biasanya seperti sorong, kaji kaji, naek geboy, kembang beureum, tunggul kawung,  sonteng dan lain-lain. Lirik lagu yang dibawakan berbentuk pantun dengan tema tentang asmara dan juga kegembiraan. Selain itu terdapat juga lagu yang dibuat dengan lirik yang spontan (dibuat pada saat itu juga). Instrument musik pengiring yang digunakan diantaranya adalah rebab, gong, kecrek, kendang besar, kempul, dan kulanter.

Kostum Tari Ketuk Tilu

Kostum yang digunakan dalam pertunjukan Tari Ketuk Tilu ini terdiri dari kostum penari pria dan kostum wanita. Pada kostum pria biasanya akan menggunakan baju kampret dengan warna yang gelap. Pada bagian bawah akan menggunakan celana pengsi dengan atribut seperti sabuk kulit dan golok. Pada bagian kepala akan menggunakan ikat kepala. Pada kostum wanita biasanya akan menggunakan pakaian kebaya dengan celana sinjang dibagian bawah. Selain itu juga dilengkapi dengan aksesoris seperti selendang, gelang, sabuk, dan kalung. Pada bagian kepala penari biasanya akan menggunakan sanggul dengan hiasan dari rangkaian bunga untuk menambah kecantikan dari para penarinya.

Perkembangan Tari Ketuk Tilu

Dalam perkembangannya tarian ini telah menjadi inspirasi bagi para seniman di Provinsi Jawa Barat dalam menciptakan tarian kreasi baru. Walaupun tarian ini pernah menjadi kontroversi karena gerakannya yang dianggap erotis, tetapi tarian ini telah berkembang menjadi cikal bakal dari tarian-tarian yang populer di Provinsi Jawa Barat.

Itulah ulasan tentang Tarian Tradisional Ketuk Tilu Dari Provinsi Jawa Barat, semoga bisa memberi manfaat untuk kalian yang membaca.

 

Baca Juga:

Membuat RESTful API Sederhana dengan PHP
Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server
Cara Membuat Data Berbentuk JSON dengan PHP
Konfigurasi untuk Membuat Koneksi PHP ke SQL Server dengan Driver MSSQL
Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Array pada Bahasa Pemrograman PHP
Membuat Program Bintang Bentuk Segitiga dengan PHP
Cara Membuat Validasi Inputan Wajib Huruf dengan JavaScript
Cara Membuat Validasi Inputan Wajib Angka dengan JavaScript
Tutorial Google Maps API untuk Menampilkan Peta pada Website
Membuat Validasi Input Email Tidak Valid dengan JavaScript
Mengenal dan Cara Menggunakan EVENT pada JavaScript
Cara Reset Sequence pada PostgreSQL 
Cara Membuat Sequence pada PostgreSQL
Mengenal Bahasa Pemrograman Golang
Tutorial Cara Instalasi Golang
Pengertian SEO (Search Engine Optimization) 
Kenapa SEO Sangat Penting untuk Website? 
Pengetahuan Dasar untuk Memulai Bisnis Google AdSense
Mengenal Google AdMob untuk Monetisasi Aplikasi Mobile Terbaik Anda
Perbedaan Akun Google AdSense Hosted dan Non-Hosted
Mengenal Magento – CMS Powerful untuk Membuat Toko Online
Pengertian SCRUM dalam Software Development


close