Tips Menjaga Kesehatan Mental di Hari Kejepit

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Hari Kejepit

Hallo sobat infotermia, hilang semangat sering mewarnai hari Senin, hari pertama bekerja setelah beristirahat di akhir pekan. Tetapi mengingat libur akan datang lagi di hari Selasa, maka ada banyak alasan untuk tetap bahagia. Satu hari kerja yang diapit libur acap disebut hari kejepit nasional alias harpitnas. Libur Hari Buruh yang jatuh pada Selasa besok menjadikan Senin kali ini sebagai harpitnas yang selalu disikapi dengan beragam cara. Ada yang jadi tambah semangat, ada pula yang malas-malasan dan berusaha cari alasan untuk bolos sehingga bisa menikmati libur lebih panjang.

Buat kamu yang masih punya komitmen untuk selalu produktif dan tetap masuk kerja, tidak perlu sedih. Libur yang cuma sehari besok tetap ada manfaatnya bagi kesehatan jiwa. Berikut ini beberapa cara mempersiapkannya.

1. Rencanakan aktivitas fisik

Salah satu alasan jarang olahraga adalah terlalu sibuk bekerja. Perjalanan menuju tempat kerja dan pulang ke rumah kerap menyita waktu, sementara di kantor lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Mumpung besok libur nih, tidak ada salahnya merencanakan sesi olahraga ringan sehingga kesempatan libur tidak terbuang sia-sia.

 

2. Bereskan semua pekerjaan

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang tidak pernah meninggalkan pekerjaan, sekalipun di hari libur, lebih rentan mengalami stres dan depresi. Karena itu, manfaatkan kesempatan libur selama satu hari untuk benar-benar recharge kondisi mental. Selesaikan pekerjaan hari ini agar besok tidak perlu membawa pulang pekerjaan, atau kepikiran tanggung jawab yang belum tuntas.

3. Nikmati hidup

Hari libur, menurut penelitian yang lain, juga membantu menjaga fungsi memori otak yang normalnya berkurang seiring proses penuaan. Persiapkan dengan baik agar libur besok benar-benar membuat pikiran terbebas dari stres, sehingga kelak otak tidak cepat pikun.

4. Ingat bahwa libur juga baik untuk jantung

Selain memberi kesempatan untuk olahraga, libur juga memberi kesempatan untuk meredakan stres. Keduanya penting untuk mengurangi risiko inflamasi atau radang, yang merupakan salah satu faktor risiko pada berbagai penyakit kronis mematikan. Penyakit jantung dan diabetes termasuk di antaranya.

5. Bonus tidak mudah sakit

Bugar dan tidak stres adalah jaminan untuk sistem imun bisa bekerja dengan baik. Makin tangguh sistem pertahanan tubuh tersebut, makin jarang flu dan infeksi kuman lainnya menyerang tubuh. Libur, sekalipun cuma sehari, punya andil besar dalam memperbaiki sistem tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat ya.


close